logo blog

Cara Diet Sempurna Saat Berpuasa

Beberapa orang justru bertambah gemuk saat berpuasa karena pola makan yang salah. Sementara fitness mania yang bertubuh ideal juga harus menjaga asupan nutrisi agar massa ototnya tetap tebal dan ideal.

Saat berpuasa tentunya kita tidak lagi dapat lagi menerapkan pola makan 5-6 kali sehari yang berguna untuk menjaga metabolisme tubuh tetap tinggi. Namun dengan pola diet
yang tepat, kita bisa mensiasati kebutuhan tersebut.

Hindari porsi besar saat berbuka
Pada saat berbuka, jangan langsung menyantap hidangan dalam porsi besar. Makan berlebihan saat buka akan mengakibatkan rasatidak nyaman di lambung dan mengganggu pencernaan.

Air putih, karbohidrat kompleks, dan multivitamin
Awali buka puasa dengan minum air putih. Lalu konsumsilah buah kurma bebas pemanis atau buah secukupnya. Setelah sholat maghrib baru makan besar kaya karbohidrat kompleks (nasi beras merah, roti gandum utuh, ubi, atau kacang hijau), protein (dada ayam, daging, ikan, tempe, susu rendah lemak), dan sayur-sayuran. Akhiri dengan konsumsi 1-2 butir suplemen multivitamin dan mineral untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

Hindari minuman dingin dan bersoda
Hindari minuman dingin, bersoda, atau yang dicampur es saat berbuka. Es dapat menahan rasa lapar sehingga hidangan lain yang lebih bergizi dan sangat diperlukan tubuh untuk memulihkan stamina tidak sempat disantap. Minuman bersoda hanya memberi rasa kenyang tanpa gizi dan keasamannya rendah sehingga mengganggu pencernaan.

Makan lagi setelah olahraga
Sesudah latihan fitnes (setelah tarawih), konsumsilah 2-3 sendok makan madu atau beberapa butir kurma bebas pemanis. Tambahkan suplemen protein bila diperlukan. Pastikan minum 500ml-1 liter air selama berolahraga. Makan lagi dengan menu sama seperti berbuka namun porsinya kecil atau sedang saja. Jika masih lapar, makanlah camilan sehat seperti kacang kulit atau kacang sangrai.

Jangan Lewatkan Sahur
Lakukan sahur menjelang imsak agar makanan menjadi lebih lama dalam pencernaan, dan tidak merasa lapar berlebihan, serta tubuh tetap berenergi saat berpuasa.

Hindari Tidur Setelah Sahur
Tidur setelah makan sahur hanya akan membuat perut Anda lapar saat bangun, tubuh menjadi tidak berenergi, dan cepat mengantuk di siang hari.

Enter your email address to get update from VenoTrends.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. VenoTrends - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modifikasi by Venotrends