logo blog

6 Makanan Yang Dapat Mencegah Kangker

6 Makanan “Mudah Didapat” yang Efektif untuk Cegah Kanker - Untuk menjadi sehat, kuat dan fit sepanjang hari diperlukan pola diet yang sehat dan latihan yang tepat. Cara ini pula yang bisadijadikan sebagai salah satu tindakan untuk mencegah penyakit salah satunya adalah kanker.

Superfood atau bahan makanan yang mengandung nutrisi dan bahan aktif yang cukup tinggi merupakan salah satu bagian dari prinsip pola makan yang sehat. Memilih superfood tidak harus yang mahal, namun Anda bisa mendapatkannya dengan harga terjangkau seperti berikut ini.

Tomat
Tomat merupakan superfood murah yang mengandung tinggiantioksidan yaitu lycopene .Anda bisa mendapatkanya di mana pun dan harganya tidak semahal superfood lainnya. Kelebihan lainnya,tomat bisa menjadi makanan fleksibel yang bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah dan dapat dihidangkan dengan makanan lain tanpa mengganggu penampilan atau cita rasa makanan tersebut.

Brokoli
Seperti halnya tomat, brokoli juga mengandung nutrisi penting untuk mencegah kanker prostat dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Sayuran ini diperkaya zat anti kanker yang disebut sulforaphane . Beberapa jenis kanker yang bisa dicegah dengan brokoli adalah kanker payudara, rahim, kelenjar prostat,usus, ginjal, hati dan paru-paru. Dalam beberapa literatur juga disebutkan bahwa brokoli mengandung tinggi vitamin C dan serat makanan dalam jumlah banyak, sehingga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Kerang
Kerang mengandung asam lemak Omega 3 yang berperan menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner dan penyakit kardiovaskular lainnya. Kerang juga diperkaya dengan zinc yang ditengarai dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria. Hormon ini berperan penting untuk meningkatkan kesuburan pria.

Tempe
Tempe bisa dijadikan alternatif pengganti daging terutama bagi mereka yang vegetarian. Sebab, tempe merupakan bahan pangan berprotein nabati yang bernilai tinggi. 100 gram tempe mengandung 18,3 protein, sedangkan 100 gram daging mengandung 18,8 dan 100 gram telur mengandung 12,2 protein.Karena jumlah proteinnya yang hampir sama dengan daging, makatempe bisa dijadikan pilihan tepat sebagai superfood murah meriah.

Jamur
Jamur mengandung selenium, vitamin B kompleks,tryptophan, tembaga, dan kalium bersamaan dengan fitonutrien. Jamur memiliki kekuatan antioksidan hebat untuk membersihkan tubuh dari radikal bebas berbahaya.

Semangka
Buah semangka diperkaya dengan vitamin dan mineral penting seperti beta karoten, lutein,
zeaxanthin , kalium dan magnesium. Beta karoten, lutein, dan zeaxanthin bekerja sama melindungi kesehatan mata dari macular degenaration, atau penurunan fungsi mata akibat bertambahnya usia. Sedangkan kalium dan magnesium membantu fungsi insulin dalam mengendalikan gula darah (mencegah diabetes).


Enter your email address to get update from VenoTrends.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. VenoTrends - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modifikasi by Venotrends