logo blog

5 Type Superset For Maximum Results

5 Jenis Superset Agar Hasil Maksimal  - Salah satu cara efektif untuk mempersingkat waktu latihan, menambah intensitas, merangsang pertumbuhan otot lebih banyak,serta membuat laju pembakaran lemak semakin kencang adalah dengan mencoba teknik superset. Anda mungkin sudah sering mendengar istilah ini. Ya, superset adalah teknik latihan beban yang dilakukan dengan melakukan 2 latihan secara berurutan tanpa jeda istirahat. 

Tak hanya bisa mengombinasikan latihan untuk kelompok otot yang sama maupun berbeda, dengan teknik ini pun kita bisa menggabungkan latihan yang berbeda misalnya latihan beban dan kardio. Nah, berikut ini ada 5 jenis metode superset dasar yang bisa Anda lakukan:

1. Pre-Exhaustion Superset

Contohnya leg extension diikuti dengan squat. Teknik ini membuat otot dalam kelompok
otot yang sama mengalami kelelahan dengan melakukan latihan isolation dilanjutkan dengan latihan compound. Mulailah denganbeban yang lebih ringan dari biasanya agar teknik ini efektif.

2. Post-Exhaustion Superset.

Adalah kebalikan jenis pertama di atas. Contoh dari post exhaustion superset adalah squat yang kemudian diikuti oleh leg extension . Dilakukan dengan latihan compound diikuti isolation untuk memberikan “kerusakan” pada serabut otot di kelompok otot tertentu.

3. Compound Superset

Contohnya bench press diikuti  incline bench press. Teknik ini sebaiknya hanya dilakukan oleh Anda yang sudah cukup advance karena menggunakan beban berat yang bisa menyebabkan stres pada sistem saraf pusat.

4. Isolation Superset.

Contohnya barbell curl kemudian diikuti hammer curl. Metode ini membuat kita fokus untuk “merusak” satu kelompok otot dengan beban dan tekanan ganda.

5. Staggered Superset.
Contohnya bench press kemudian disusul calf raise. Di sini kita membuat otot-otot dari kelompok otot yang berbeda bekerja. Namun demikian, ada baiknya Anda tidak melakukan
superset dengan kombinasi punggung dengan bicep, dada dengan triceps, atau bahu dengan dada, karena masing-masing kelompok otot ini juga ikut bekerja secara tidak langsung ketika kita melatih otot lainnya.

Nah, untuk mendapatkan manfaat optimal dari teknik latihan beban yang dahsyat ini, jangan lupa untuk memberikan stirahat yang cukup bagi tubuh Anda untuk melakukan proses recovery dengan maksimal.


Enter your email address to get update from VenoTrends.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. VenoTrends - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Modifikasi by Venotrends